Mari Mengenal Teks Prosedur!


Halo sobat bucinmu! Tetap semangat membucin yok! Nah, kali ini buat kalian yang bucin ke hal-hal berbau bahasa tepat banget nih, kita bisa kenalan sama teks prosedur. Disini ada teks prosedur yang udah bisa kita wawancarai. Buka hati, mari kita ramah-ramah! Tuan Prosedur, tempat dan waktu dipersilakan! 

"Hai saya teks prosedur, senang bertemu kalian."

"Kali ini saya akan menjawab beberapa pertanyaan penggemar saya berdasarkan top search di google search, semoga hal ini bisa membuat kita lebih dekat dan saling mengenal."

Pengertian teks prosedur


"Saya adalah teks yang memberikan petunjuk, langkah-langkah dan pengarahan agar suatu pekerjaan dapat dilakukan."

"Akan saya jawab lebih tentang arti hidup saya. Keberadaan saya di dunia adalah suatu sistematika penulisan yang khas, dengan menjadi diri saya sendiri saya bisa ikut andil dalam membantu orang lain melakukan sesuatu dengan benar.  Dan juga apabila seseorang memahami cara melakukan suatu kegiatan, maka keberhasilan kegiatan tersebut sudah tergambarkan."  Ujar teks prosedur dengan bangga dan tepat.

Apa saja contoh teks prosedur


"Saya cukup mudah dibedakan dari berbagai teks yang lain. Yang termasuk contoh teks prosedur antara lain cara membuat kue, cara menghilang, cara menanak nasi. Untuk menemukan berbagai teks prosedur sebagai referensi, anda bisa mengunjungi wikihow!"

Apa saja jenis-jenis teks prosedur?


"Saya memang punya banyak versi! Tapi semuanya memiliki tujuan yang sama, dengan ciri-ciri unik."

1. Teks Prosedur Sederhana
Keunikan saya versi ini adalah, saya sangat simpel! Biasanya hanya mengandung 2-3 langkah. Seperti cara menggunakan parfum, cara menyalakan TV.

2. Teks Prosedur Kompleks
Keunikan saya pada versi ini adalah saya terdiri atas banyak langkah. Langkah-langkahnya pun berjenjang dengan sublangkah pada setiap langkahnya.
Hal ini memang rumit, tapi memang digunakan untuk menjelaskan prosedur dari sesuatu yang rumit! 

3. Teks Prosedur Protokol
Keunikan prosedur protokol ini meskipun langkah-langkahnya dibalik, atau tidak urut kamu akan tetap sampai pada tujuan. Contohnya adalah protokol kesehatan selama pandemi Covid-19

Struktur Teks Prosedur


Haha, pasti ada yang bertanya soal ini. Jadi bagian tubuh saya bisa ada 5

1. Judul
Ya tentu kalian selalu mengenal judul. Judul ada di semua teks. Bahkan ada di paling atas artikel ini. Judul biasanya mewakili semua gagasan yang akan disampaikan pada teks.

2. Tujuan
Merupakan pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks.

3. Material
Biasanya berisi tentang alat atau bahan apa yang digunakan. Bagian material tidak harus selalu ada di semua teks prosedur. Jadi jangan heran ya bila bagian ini tidak kamu temukan di semua teks prosedur yang kamu baca!

4. Langkah-langkah
Bagian ini berisi perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan. Biasanya diberi nomor atau kalau tidak ya penuh dengan konjungsi. jadi bagian ini pasti mudah banget kamu kenali!

5. Penegasan ulang/penutup
Bagian ini berisi harapan ataupun manfaat apabila petunjuk-petunjuk itu dijalankan dengan baik.

Ciri kebahasaan teks prosedur

"Gaya bahasa dan gaya bicara saya tentu sudah didesain agar membuat kalian mudah melakukan suatu hal. Saya tentu tidak menggunakan metaforis atau majas yang konotatif. Tapi saya menggunakan kebahasaan sebagai berikut :
1. Kata perintah/kalimat perintah (imperatif)
Kalimat ini fungsinya untuk memerintah atau menyuruh kalian melakukan sesuatu, biasanya kata kerja imperatif dibentuk oleh akhiran  -kan -i -kan -lah. Contoh katanya seperti ini : "Tuangkan rindu dengan hati-hati!".

2. Kata teknis
Saya menggunakan banyak kata kata teknis yang berkaitan dengan topik yang saya jelaskan.

3. Konjungsi
Saya banyak menggunakan kata hubung, seperti sebelum, sesudah itu. 

4. Kata keterangan
Iya saya itu harus jelas jadi saya akan menggunakan banyak kata keterangan, entah itu kata keterangan alat, keterangan cara, dan lain lain.
Contoh : dengan hati-hati, dengan pisau, dengan jelas. Hal ini digunakan agar gambaran jauh lebih terperinci.

5. Kalimat saran/larangan
Saya harus memastikan kalian tidak terluka dan benar. Karena itu saya menggunakan kalimat saran, dan larangan. Seperti :

-Hindari meletakkan larutan ini di dekat api.
-Jangan memakai terlalu banyak pewarna, cukup setetes atau dua tetes."

Sekian, pertanyaannya berakhir.

Bagaimana? Kalian sudah kenal dengan baik dengan teks prosedur kan? Iya, dia adalah teks yang baik, dengan tujuan yang baik pula. Oh iya, tadi Teks Prosedur titip salam.

"Jangan meremehkan hal sepele dalam suatu prosedur!"

Semoga kalian selalu sehat dan bahagia! Sampai jumpa di kesempatan lain!


Sumber penulisan : buku paket bahasa Indonesia kelas XI K13 revisi 2017, Blog ruangguru


Komentar

Postingan Populer